Yuwielueninet’s Weblog

INGIN PUNYA ANAK ? MINUM OBAT PENYUBUR !

Posted on: March 17, 2008

INGIN PUNYA ANAK ? MINUM OBAT PENYUBUR !

Tapi hati-hati, saking terlalu subur malah jadi kehilangan anak. Periksa dulu, apa betul enggak subur atau ada sebab lain.

Belum lama ini di Roma, Italia, seorang ibu yang melakukan terapi kesuburan dengan menggunakan obat penyubur melahirkan bayi kembar 8. Namun malang, semua bayi yang masing-masing BB-nya cuma berkisar antara 400-500 gram itu, tak mampu bertahan hidup. Satu per satu kembali ke pangkuan Yang Kuasa beberapa jam setelah lahir. Bahkan, di antaranya ada yang meninggal sejak di kandungan.

Sungguh tragis, ya, Bu-Pak. Ingin punya anak, tapi setelah didapat malah langsung kehilangan lagi. Itulah mengapa, dr. Med. Ali Baziad, SpOG, dari bagian reproduksi dan fertilitas RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta, mengingatkan, hati-hati menggunakan obat penyubur karena obat ini bukan tanpa efek samping. “Selain menyebabkan kematian bayi, juga berisiko kecacatan janin.” Ih, serem, ya!

PERIKSA DULU

Ali menganjurkan, sebaiknya pasangan yang tak kunjung punya anak jangan buru-buru menggunakan obat penyubur. Soalnya, penyebab infertilitas bukan semata-mata lantaran si wanita enggak subur. “Yang enggak subur itu cuma berkisar antara 15-20 persen. Selebihnya bisa karena infeksi, saluran telur tersumbat, tempat menetasnya telur terganggu, endometriosis, kelainan rahim, dan sebagainya,” terangnya. Bahkan, tambahnya, stres pun bisa bikin wanita sulit hamil.

Sayangnya, faktor penyulit kehamilan yang 80 persen itu tak pernah dipikirkan orang. Kebanyakan orang bila menjumpai pasangan tak juga punya anak setelah sekian tahun menikah, pasti langsung “menuding” si wanitanya enggak subur. Akibatnya, pasangan tersebut buru-buru minta obat penyubur pada dokter. “Nah, ini bisa menjadi malapetaka kalau kebetulan mendapat dokter yang malas memeriksa pasien, hingga ia asal main suntik atau memberi obat penyubur.” Soalnya, jika diperiksa lebih teliti, bisa saja, kan, penyebabnya bukan lantaran si wanita enggak subur tapi karena hal lain.

Jikapun setelah diteliti ternyata si wanita memang enggak subur, “dokter juga tak boleh sembarangan memberikan obat penyubur.” Pasalnya, penyebab ketidaksuburan juga bermacam-macam. Salah satunya, sel telur tak pecah atau kematangan telurnya enggak baik, yang dikenal dengan istilah anovulasi. “Untuk terjadi kehamilan itu, kan, harus ada pembuahan yang membutuhkan sel telur dan sperma. Nah, kalau sel telurnya enggak matang atau enggak pecah, maka tak akan terjadi pembuahan. Inilah salah satu yang bikin pasangan tersebut tak juga punya anak,” terang Ali lebih lanjut.

KEHAMILAN BANYAK

Penyebab sel telur tak matang/pecah, juga bukan cuma satu. Di antaranya, gangguan hormonal. Nah, obat penyubur berisi hormon yang bisa merangsang pematangan sel telur. Namun karena kasus anovulasi ini sangat kecil, Ali minta sebaiknya diperiksa dulu, apa benar si wanita anovulasi.

Kalau tidak, “bisa terjadi si wanita sebenarnya ovulasi, hingga pemberian obat penyubur malah menimbulkan efek samping setelah sel telur dibuahi, yaitu menimbulkan rangsangan berlebihan atau hiperstimulasi hingga terjadilah kehamilan kembar atau banyak.” Jika sudah begitu, tak ada tindakan apa pun yang bisa dilakukan kecuali meneruskan kehamilan. Hingga risikonya, bayi meninggal dalam kandungan atau setelah dilahirkan lantaran berat badannya kurang.

Bukan berarti wanita yang anovulasi setelah diberi obat penyubur takkan mengalami hal tersebut, lo. Ingat, obat penyubur merangsang pematangan sel telur. Nah, sel telur yang matang ini bisa saja bukan cuma satu, tapi dua, tiga, empat, lima, bahkan lebih. Hingga, bila semua sel telur yang matang ini dibuahi, terjadilah kehamilan yang banyak. Itulah mengapa, tegas Ali, jangan sembarangan menggunakan obat penyubur.

Untuk mengetahui ovulasi tidaknya, bisa dilihat dari usia perkawinan yang lama tapi belum juga hamil, disertai keluhan-keluhan seperti sering sakit saat menstruasi dan menstruasi tak teratur atau sering terlambat. Namun untuk kepastiannya tentu harus dilakukan pemeriksaan lewat USG atau dengan analisa hormon. Jika ternyata ada kelainan hormonal hingga enggak subur, barulah diberi obat penyubur.

TABLET DAN SUNTIK

Obat penyubur yang diberikan adalah obat pemicu ovulasi atau pemecah telur, bisa berupa tablet atau suntikan. Pada pasangan muda usia sekitar 20-30 tahun, terang Ali, biasanya diberikan tablet dulu. Obat yang mengandung hormon ini, namanya klomifen sitrat dan epimestrol. Banyaknya pemberian tablet tergantung siklusnya (bulan). Bukankah menstruasi datangnya sebulan sekali? “Jadi, obat tersebut diberikan sebulan sekali selama 5 hari, yaitu di hari ke-5 masa menstruasi hingga hari ke-9.” Kemudian, pasangan diminta datang lagi bulan depan untuk dilihat keberhasilan obat tersebut. “Bila dalam pemberian satu siklus tak berhasil, maka dosis yang semula 50 mg ditambah jadi 100 mg.”

Jika dalam 6 bulan atau setahun tak ada respon dalam arti telurnya enggak matang atau tak tumbuh dengan baik, “barulah terapi kesuburan dilakukan dengan cara suntik.” Namun pemberian obat penyubur dengan cara suntik juga tak boleh sembarangan, “harus dipilih waktunya, yaitu pada hari ke-2 sampai ke-9 masa menstruasi.” Hormon yang disuntikkan adalah hormon yang mengandung FSH/LH atau FSH saja. Satu suntikan sebanyak 75 IU (International Unit). Bila tak mempan juga, dosisnya dinaikkan jadi 150 IU atau bahkan 225 IU.

Jadi, tegas Ali, telurnya dimatangkan, dari kecil sampai besar hingga akhirnya pecah. Pembesaran sel telur ini dimonitor lewat USG, dilakukan pada hari ke-11 dan ke-13. Telur baru bisa pecah bila minimal diameternya 18-22 mm.

Bukan berarti cara suntik lebih berhasil dari tablet, lo. Menurut Ali, efektivitasnya sama, kok, hanya tergantung usianya saja. “Jika pada usia muda bisa berhasil dengan cara sederhana (tablet, Red.), mengapa harus yang sulit? Ibarat orang menembak burung, jika berhasil dengan senapan angin, kenapa harus dengan meriam?” Soalnya, bila langsung digunakan suntikan, bisa terjadi kehamilan ganda atau banyak, atau malah enggak hamil sama sekali.

HARUS DIHENTIKAN

Itulah mengapa, tegas Ali lagi, pemakaian obat penyubur tak boleh sembarangan. “Harus secara rasional dan mengikuti aturan pemberiannya. Tentu dengan berkonsultasi pada dokter, hingga dokter bisa memonitor terus perkembangan sel telurnya.” Dengan demikian, efek samping berupa kehamilan banyak bisa dicegah.

Soalnya, lewat monitoring, dokter jadi tahu apakah kadar hormonnyatinggi atau tidak. “Bila tinggi, ini berbahaya karena ada kemungkinan terjadi hiperstimulasi yang mengakibatkan kehamilan banyak.” Hingga, pemakaian obat penyubur harus dihentikan. Kalau tidak, bila sudah dibuahi dan tetap memakai obat penyubur, maka berisiko bayinya cacat. Pokoknya, tandas Ali, jika dilihat dari USG telurnya banyak dan beberapa sudah matang, “harus hati-hati, karena kita tak tahu berapa telur yang akan jadi.”

Biasanya, pemakaian obat penyubur dilakukan pada proyek bayi tabung. Sayangnya, untuk memonitor perkembangan sel telur perlu biaya yang tak murah. Biaya untuk hormonnya saja, satu ampul Rp. 300 ribu. Bayangkan bila sampai 10 ampul, bisa menelan biaya Rp. 3 juta. Sedangkan biaya 2 kali memonitornya dengan USG kurang lebih makan biaya Rp. 300 ribu dan biaya periksa hormonnya Rp. 60 ribu.

Tampaknya memang harus dipikirkan betul segala risikonya, ya, Bu-Pak?

Dedeh Kurniasih . Ilustrasi : Pugoeh (nakita)

TAK BIKIN GEMUK

Kendati obat penyubur berisi hormon, tapi tak bikin gemuk, lo. Soalnya, terang Ali, hormon yang diberikan bukan hormon estrogen dan progesteron yang bisa bikin gemuk seperti halnya pil KB, melainkan hormon FSH/LH atau FSH saja. Jadi, tak usah takut gemuk, ya, Bu.

About these ads
Tags: ,

20 Responses to "INGIN PUNYA ANAK ? MINUM OBAT PENYUBUR !"

ada efek sampingnya ngga ya? saya sekrang juga sedang menjalani terapi ini
mohon informasinya.
terima kasih

infonya menarik boleh tambah sedikit ya?
royal jelly dan bee pollen yang dihasilkan lebah madu, kaya akan hormon untuk kesuburan

salam peternak lebah madu

guw selalu kalo pengen hamil ke dokter kandungan.(capek deh)..entah di kasi obat apa sama dokternya dan segala macam cara dan aturan sexual intercourse setelah (paling lama 5 bulan) hamil juga gue…tapi emang bikin stress..gw kagak pernah KB..mestinya langsung hamil ya tapi emang udah harus setor duit dulu kali ke dokter..baru bisa hamil..sekarang lagi pengen anak ke 3 coz gw udah 35 ( anak ke1 udah 8th ke2 3th ) kayaknya harus ke dokter lagi…mau dong obat penyuburnya…

saya seorang wanita 24 sdh menikah hampir lima tahun tapi blm punya anak.1 tahun lalu saya pernah di oprasi karena penyakit kista coklat (kt dokter) segala cara saudah kami lakukan tapi belum juga berhasil saya minta tolong info dari pembaca gimana ya caranya punya anakdengan terapi alami dan tidak membahayakan? thank….

Saya Surya dari Pekanbaru – Riau. Mau nanya dimana saya bisa menghubungi dr. Ali Baziad untuk bisa konsultasi. Terima kasih

saya ingin punya turunan tapi saya menderita kista,bisa nggak saya memiliki keturunan?.dokter hanya memberikan saya obat penyubur dan tidak menganjurkan operasi

saya ingin punya turunan tapi saya menderita kista,bisa nggak saya memiliki keturunan?.dokter hanya memberikan saya obat penyubur dan tidak menganjurkan operasi.saya menikah sudah setahun , usia saya 25 tahun

saya deti umur saya 25 tahun sudah dua tahun menikah tapi belum dikaruniai momongan. saya pernah minum obat penyubur sekali. obat tersebut diminum hari pertama hingga hari ke lima, tetapi haid saya yang tadinya seminggu pas mnum obat tersebut jadi empat hari.apa ada pengaruh dari obat tersebut dok?

saya umur 25 thn,dn suami 24 thn, nikah baru 16 bln. sy ingin mempunyain keturunan. sy n suami brobat spesialis kandungan dr usia pernikahan sy 5 bln hasilnya bagus dn sy setiap 2 bln sekali dipriksa dn di USG di ksh obat penyubur,vitamin. sampai skrg. sy serig telat aga lama dn keluar lagi. sy dn suami kerja naik motor. skrg sy lg telat gimana caranya supaya sy tdk ke luar lg dn sy ga suka sayuran.saya ingin segera mempunyai anak. atas penjelasan dan bantuannya saya ucapkan terima kasih.

dmn sy bs menghubungi dr,ali baziad y sy mau konsultasi,sy berada d,bandung

Dear All,
Sebagai orang yang udah pro dalam ‘berusaha untuk hamil’,hehe, saya ingin berbagi sedikit info dan tips.

Untuk Klinik Infertilitas Area Jakarta bisa coba di :

- Klinik Yasmin RSCM (Dr. Ali Baziad praktek disini juga).
- Klinik Sam marie di Jl. Wijaya I (Dr. nya juga sebagian besar praktek di klinik yasmin)
- Klinik Morula RS Bunda

klinik2 tsb memang khusus menangani pasien infertilitas, jadi antriannya juga ngga nyebelin, trus yang pasti sih, sedikit kemungkinan ketemu anak2/bayi disana -soalnya tambah pedih ngga sih ngantri 2 jam sambil liat anak2 yang lucu itu.. -
dan yang paling penting, klinik2 itu one stop treatment. soalnya kumplit mulai dari dokter , androlog, lab, obat, segala macam keperluan terapi, operasi sampe bisa bayi tabung. Jadi kita bisa lebih nyaman soalnya kalo treatmentnya lamaan, jadi kenal sama staf dan perawatnya, hehe. Untuk staf yang asik & personal, direkomendasiin sih ke Klinik Yasmin.

Untuk Tips biar enak dan meminimalisasi stress :

- Selalu datang berpasangan.
- Jangan sungkan2 buat tanya-tanya sama Dokternya apapun yang kita pengen tau dan ngga jelas. Biar ngga menduga2 sendiri –bikin stress loh-
- Minta no. Telp Dr.nya dan tanya dalam keadaan apa bisa di telp atau di sms. Enakan sih sms ya, soalnya bisa jadi Dokter lagi ada pasien atau malah sedang operasi. – ini juga biar kita ngga di cap annoying, hehe.
- Jangan malu untuk Tanya biaya-biayanya. Baik sama dokter atau staf. Ini penting banget, soalnya test-test segala rupa bisa jutaan. Biasanya sih untuk test pertama kali –kalo Dr masih cari tau masalahnya apa totalnya bisa 5-10jt. Itu baru test loh.. treatmentnya beda lagi.
Jadi, jangan malu juga buat nawar ke dokternya tes mana dulu yang kira2 bisa dicoba dan kemungkinan memberi hasil. Kan siapa tau juga masalahnya disitu..hehe. Tapi bisa lama juga sih kalo ternyata bukan, karena biasanya test itu tergantung dari masa ovulasi istri. Kalo satu-satu, 5 test bisa 5 bulan dong Cuma buat cari tau masalahnya apa..
- Selalu pastikan anda nyaman dengan dokternya, karena itu penting banget – soalnya kadang test dan treatment bisa lama – ini juga supaya kita ngga stress2 banget kalo habis dari dokter, soalnya kita ngerasa udah dapet treatment yang bagus walopun kadang bad news, hehe.
- Membandingkan treatment antara dokter satu dan yang lain sih boleh aja. Tapi kalo udah percaya dan nyaman sama satu dokter. Pake kacamata kuda deh. Soalnya kan kadang ‘jurus-jurus’ dokter satu dan yang lain bisa sedikit beda pendekatannya. Kalo ngga, dijamin stress deh, atau malah jadi pindah2 dokter yang bikin treatment gak selesai atau malah tambah tekorrr..
- Dan jangan pernah berpikiran ini salah siapa atau kita merasa bersalah kalo ngga hamil, ngabisin duit banyak, dll. Karena yang ngasih anak itu kan Allah. Kalo kita nyalahin pasangan, kita artinya nyalahin Allah juga dong?. Kalo dua2nya bisa berpikiran begitu, Insya Allah sih jadi lebih ringan loh bebannya..

Maaf kalo terlalu panjang ya, sebenernya sih masih banyak tips2 lainnya – kayaknya bisa dibikin artikel deh, hehe-.
Tapi semoga membantu..

trima kasih atas kiriman artikelnya…kalo masih ada..bisa di share disini juga

thx kunjungannya.saya pindahkan artikel ini kedalam postingan blog ini ..semoga anda tidak keberatan.

thx

Saya menikah umur 29 tahun dan sdh punya anak satu. Sekarnag umur sy 35 tahun. Pengen punya anak ke 2. Kok susah bgt ya. Sekedar info anak sy lahir lewt operasi, lalu atas anjuran dokter sy harus KB Spiral. Setahun kemudian KB sy lepas, namun sampai sekarang setelah anak sy 4 tahun kok sy belum hamil juga ya. Padahal sy sdh ditiup ( atas anjura dokter) dikasih obat penyubur juag kok belum hamil juga ya yg kedua.

Saya baru menikah 4 bulan, dalam waktu 1 bulan pernikahan saya divonis kista yang sudah besar dan langsung dioperasi. Sel telur sebelah Kanan beserta kista yang berada pada posisi yang sama sudah diangkat pada proses operasi tersebut

Usia saya sekarang 30 tahun dan saya ingin sekali memiliki anak. Pertanyaannya apa sel telur saya yang hanya tinggal 1 masih bisa memiliki anak dan tindakan apa yang harus saya lakukan supaya segera hamil.

wah info yg menarik nih.. tks yah..
berguna bgt bagi saya yg baru menikah :D

Selamat tengahari,

Sekali lagi saya ingin memohon pengetahuan sedikit.

Saya sudah berkahwin 5 bulan dan sepanjan ini bulan belum ada tanda-tanda kehamilan, tetapi dalam bulan 5 ini saya merasakan air liur saya selalu kembung dan bertakung dalam mulut apalagi ketika bercakap sebelum ini tidak pernah berlaku, saya juga tidak mengharap tetapi cuma takut dengan penyakit lain, kerana haid terakhir 11 April’09 dan untuk bulan May belum tiba, tetapi masalah saya ini bermula pada 8 May’09.

Mohon penjelasan nya.

Terima kasih banyak..

setia menunggu.
nonoi.

saya berumur 24 tahun,sudah menikah 9 bulan.sampai sekarang belum ada tanda tanda hamil.haid saya tdk teratur,kadang” 2 bulan sekali.dan kalo kami berhubungan badan,suami saya keluar duluan.saya jarang keluar.gmn ya?tolong bantuannya.trims

saya lagi minum penyubur (kata dokter saya)namanya endometril dan serophene.dah 3 bulnan gak ada hasil.apa ada lagi penyubur yang lebih manjur?mau dong…

Umur sy 26 thn,n sdh menikah 1 thn yg lalu,6 bln yg lalu sy di vonis menderita kista yg berukuran krg dr 5mm,dan skrg kista sy sdh tdk ada,dan dkter menyatakan sy bersih dr kista,tp knp ya sy kok blm hamil2 jg. Sy pun mengalami gangguan hormonal,haid sy tdk teratur,kdng2 2bln sekali,kdng2 jg 3bln sekali.
Apa yg hrs sy persiapkan jika ingin melakukan test kesuburan??

saya jg berusia 30 th menikah 6 th blm jg peroleh keturunan. kemarin saya ke dr tp di beri penyubur hasil usg sblm diberi penyubur tdk ada kista tetapi stlh diberi penyubur ada kista 2×4 cm. kira2 bs sembuh dg sendirinya atau tidak ya dok… dari saat itu saya kapok ke dr lg… dulu saya sdh cek hsg, hormon semua baik saja… dr yg dulu menyarankan inseminasi, tetapi belum sempat dok… tolong sarannya dok…terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Dapatkan Peluang Kamu Disini

Xpango uses a unique Credit system to reward our customers with Free Mobile Phones, Gaming Consoles, MP3 Players & HDTVs ! like this : Credit requirements for Gifts vary depending on the retail price of the Mobile Phone/Gaming Console/MP3 Player/HDTV. More expensive Gifts require more Credits than less expensive Gifts. The diagram below details how the system works: click here Register just Click
March 2008
M T W T F S S
    Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Blog Stats

  • 877,266 hits
web counter Get your own free Blogoversary button!

Top Clicks

  • None

Indonesian Community

FUPEI



Photobucket
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: