Yuwielueninet’s Weblog

Pertanyaan seputar kehamilan

Posted on: March 17, 2008

Pertanyaan seputar kehamilan

Selama masa hamil, umumnya, ibu akan mengalami gangguan tidur, khususnya pada trimester pertama. Hal ini disebabkan oleh hormon progesteron – salah satu hormon kehamilan – yang mulai menjelajahi tubuh serta rahim yang membesar dan menekan kandung kemih hingga ibu lebih sering merasa ingin buang air kecil.

Pada trimester kedua, ibu hamil sudah kembali dapat tidur dengan tenang. Nikmatilah masa-masa ini karena memasuki trimester ketiga, biasanya, ibu kembali akan mengalami sulit tidur, karena kandungan yang membesar cenderung membuat tidur tidak nyaman.

Mengapa saat hamil ibu sering mengalami kejang kaki di malam hari?

Jantung, ginjal dan sistem sirkulasi bekerja berat selama hamil, dan otot-otot – yang menunjang pertambahan berat badan – juga menegang. Karenanya, tak perlu terkejut jika otot kaki yang kelelahan mengejang, khususnya selama trimester kedua dan ketiga. Terlalu banyak fosfor, rendahnya kadar kalsium dan potasium dalam sirkulasi darah juga merupakan pemicu kekejangan. Penjelasan lainnya adalah: ketika kandungan Anda membesar, saraf-saraf yang mengarah ke kaki juga tertekan.

Jika hal ini dialami, segeralah lakukan peregangan: luruskan kaki, dan perlahan gerakkan pergelangan, juga jemari. Awalnya memang terasa sakit, namun berangsur akan berkurang. Ketegangan juga dapat diatasi dengan memijat atau menghangatka otot menggunakan botol air panas. Berdiri dan berjalan selama beberapa menit juga bisa membantu mengurangi ketegangan.

Mengapa ibu hamil sering mendengkur dan sulit bernapas saat tidur?

Gangguan mendengkur dan sulit bernapas ini biasanya terjadi pada trimester kedua kehamilan. Hal ini disebabkan membengkaknya saluran pernapasan. Selama hamil, meningkatnya hormon progesteron akan menyebabkan jaringan halus pada jalan napas membengkak dan menghalangi aliran napas. Dengkuran dapat diminimalkan dengan tidur dalam posisi miring. Hindarilah minuman beralkohol, tembakau dan pil tidur karena ketiganya akan semakin mempersempit jalan napas.

Mengapa ibu hamil sering merasa lapar saat bangun tidur?

Ibu hamil sering merasa lapar karena janin yang sedang tumbuh dalam tubuh juga membutuhkan kalori. Demi mengatasi hal ini, sebaiknya Anda tidak tidur dalam keadaan perut kosong.

Adakah yang bisa dilakukan agar ibu bisa tidur nyenyak selama hamil?

Jika Anda merasa sangat kurang tidur malam, selain anjuran yang biasanya diberikan, seperti menghindari alkohol, tembakau, mengatur suasana kamar yang nyaman, beberapa cara berikut ini dapat dicoba demi mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak:

- Hentikan olah tubuh 4 jam sebelum tidur.

Olahraga yang terlalu dekat dengan waktu tidur justru akan mengganggu, karena tubuh membutuhkan jeda untuk istirahat sejenak setelah beraktivitas.

- Membangun rutinitas santai sebelum tidur.

Suasana santai akan membuat Anda merasa lebih nyaman, pikiran Anda lebih tenang, hingga tubuh menjadi lebih mudah melemas dan tertidur.

- Jangan dipaksa tidur.

Jika mata Anda tak juga terpejam setelah 20 – 30 menit berbaring, bangkitlah dan pergi ke ruangan lain. Carilah kegiatan yang menenangkan, misalnya mendengarkan musik atau membaca. Jika Anda mulai mengantuk, bergegaslah pergi tidur.

- Jangan minum terlalu banyak.

Cairan sangat dibutuhkan selama masa hamil, tetapi sebaiknya Anda mengatur kebutuhan cairan ini dengan banyak minum di waktu siang, dan semakin berkurang menjelang waktu tidur. Hal ini akan sangat membantu Anda mengurangi jumlah gangguan tidur karena pergi ke toilet yang sering terjadi pada malam hari.

- Tidur menyamping.

Lakukanlah hal ini sejak trimester pertama. Para ahli mengatakan bahwa posisi tidur menyamping membantu kelancaran aliran darah dan nutrisi pada janin dan rahim, juga membantu ginjal mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan.

Mengapa air liur terasa lebih banyak saat hamil?

Produksi air liur yang lebih dari biasanya, adalah salah satu tanda/gejala kehamilan. Dalam ilmu kesehatan kondisi ini disebut ptyalisme. Sekalipun terasa tidak nyaman, kondisi ini tidak akan membahayakan. Kondisi ini akan berangsur hilang setelah Anda melewati bulan-bulan pertama kehamilan. Kondisi ini akan semakin parah dihadapi oleh ibu yang mengidam dan membuatnya merasa mual berlebih. Tidak ada yang dapat dilakukan untuk mengobati kondisi ini, tetapi menyikat gigi, berkumur dengan pasta atau obat kumur beraroma mint dapat sedikit membantu mengurangi produksi air liur.

Mengapa perut bagian bawah terasa gatal, pada awal kehamilan?

Sepanjang masa kehamilan perut bagian bawah Anda memang akan terasa gatal. Hal ini disebabkan karena kulit di bagian tersebut tertarik, padahal selama hamil kondisi kulit mengering akibat kerja hormon-hormon kehamilan. Hindari untuk tidak menggaruk, atau paling tidak jangan sering-sering melakukannya. Melumasi daerah tersebut dapat mengurangi sedikit rasa gatal.

Wajarkah jika seringkali tidak bisa menahan dorongan buang air kecil?

Pada trimester terakhir, sebagian ibu hamil mulai sering tak dapat menahan keinginan buang air kecil. Seringkali bahkan terjadi sangat mendadak, misalnya ketika tertawa, batuk atau bersin. Hal ini disebabkan karena tekanan rahim yang membesar pada kandung kemih.

Selama kehamilan, mengapa perlu melakukan pemeriksaan hepatitis B?

Ini merupakan bagian dari pemeriksaan rutin, dan saat ini sudah menjadi pemeriksaan yang diwajibkan. Setidaknya, selama masa hamil ibu wajib melakukannya satu kali, dan biasanya pada akhir trimester kedua. Hal ini disebabkan karena hepatitis B dapat menulari si kecil, baik ketika masih berada dalam kandungan ataupun pada saat melahirkan.

Baikkah jika suami menemani istri pada saat melahirkan?

Sekarang, kebanyakan rumah sakit sudah memperhatikan masalah ini, dan mendorong calon ayah untuk menemani istrinya ketika persalinan berlangsung. Persalinan dapat menjadi proses yang sangat panjang dan perjuangan. Tentu saja akan terasa lebih menyenangkan jika istri memiliki teman ‘terpercaya’ untuk berbagi. Sekalipun demikian, tidak tertutup kemungkinan istri memilih ibu atau saudara yang lain untuk menemani persalinan ini.

Bagaimana kehamilan terjadi?

Tepat pada pertengahan daur menstruasi, perempuan mengalami masa ovulasi, yaitu masa matangnya ovum atau sel telur yang kemudian keluar dari indung telur menuju saluran indung telur. Di sepanjang saluran indung telur itu, sel telur memiliki waktu hidup selama 12 jam. Sepanjang waktu inilah, jika ada sperma yang berhasil mendekat dan bertemu dengan sel telur, pembuahan akan terjadi. Hasil penyatuan sel telur dan sperma itu kemudian akan bergerak menuju rahim dan berkembang menjadi janin di sana.

Mengapa ibu hamil sering merasa pusing?

Hormon-hormon kehamilan, khususnya progesteron, cenderung membuat dinding pembuluh darah melebar. Dampaknya adalah terjadinya penurunan tekanan darah, dan membuat calon ibu sering merasa pusing.

Kembali ke Atas

Mengapa si kecil cenderung berhenti mengisap ASI ketika ibunya hamil kembali?

Selain mengandung berbagai zat yang berguna untuk proses tumbuh kembang si kecil, ASI juga memiliki kandungan hormon tubuh ibu. Ketika ibu hamil saat masih menyusui, maka hormon-hormon kehamilan juga teramu dalam ASI. Adanya ‘tambahan’ ini, tentu saja dikenali oleh si kecil yang masih mendapatkan ASI, dan mungkin saja merasa sedikit aneh, dengan rasa ASI yang berbeda.

Mengapa ibu hamil sering terganggu mimpi ketika tidur?

Kehamilan adalah tahap awal memasuki peran sebagai orang tua, masa peralihan yang membutuhkan tanggung jawab yang sangat besar, dan seringkali mencemaskan. Sebagaimana diketahui, mimpi adalah salah satu mekanisme alamiah yang dimiliki manusia untuk mengekspresikan kecemasan atau hal-hal sehubungan dengan perubahan emosi.

Apa yang perlu dilakukan agar calon ayah siap terlibat merawat si kecil, bila saatnya tiba?

Para psikolog menyarankan agar calon ayah terlibat sejak awal kehamilan. Langkah ini akan dengan mudah membuatnya terlibat dalam perawatan si kecil, bila saatnya tiba. Selain itu, mengajaknya ikut cuti selama beberapa hari setelah kelahiran si kecil, memberinya kesempatan mendekatkan diri dengan si kecil sejak awal, yang berarti juga menumbuhkan rasa percaya diri dan membuatnya tidak kikuk ketika merawat si kecil.

Bagaimana mengatasi morning sickness?

Morning sickness adalah gangguan yang dialami ibu hamil di awal trimester pertama, dengan gejala-gejala berupa: rasa panas di perut, mual, muntah-muntah disertai pusing. Gejala ini berhubungan erat dengan meningkatnya aktivitas hormon di awal kehamilan. Agar ibu dengan mudah menghadapi gangguan ini, para dokter menyarankan berberapa langkah:

Mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat, dalam jumlah sedikit namun sering.

Sarapan pagi sebelum turun dari tempat tidur.

Minum cukup banyak cairan.

Menghindari makanan berbumbu keras dengan bau merangsang. Jenis makanan ini justru akan memicu rasa mual.

Bolehkah ibu hamil berolahraga?

Berolahraga membantu ibu hamil memelihara kesehatan fisik dan mempersiapkan kebugaran demi menjalani proses persalinan. Sekalipun demikian, ada baiknya ibu hamil berkonsultasi pada dokter sebelum berolahraga. Hal ini disebabkan adanya risiko peningkatan suhuh tubuh yang mungkin dialami jika ibu hamil berolahraga secara berlebihan. Peningkatan suhu tubuh ini lebih lanjut bisa mengakibatkan terjadinya penurunan aliran darah ke rahim; yang tidak hanya membahayakan bagi janin, tetapi juga bisa menimbulkan cidera otot perut bagian bawah pada ibu hamil, karena suplai darah yang berkurang.

Apakah fungsi plasenta?

Plasenta berperan besar mengatur lalulintas suplai dan pembuangan berbagai unsur yang dibutuhkan janin untuk terus hidup. Misalnya saja, mengatur lalulintas oksigen dan karbondioksida, demikian juga halnya memasukkan nutrisi dan mengeluarkan sisa asupan janin. Sebagai tambahan atas fungsi ini, plasenta juga memproduksi hormon-hormon yang dibutuhkan ibu disepanjang masa kehamilannya, guna menjaga kelangsungan hidup janin, yaitu HCG (human chorionic gonadotropin), estrogen juga progesteron.

Apa yang harus dilakukan ketika ketuban pecah lebih dini?

Ketuban pecah dini dapat terjadi kapan pun sepanjang masa kehamilan, dan sebaiknya tidak dijadikan sebagai satu-satunya tanda persalinan. Jika hal ini terjadi, segeralah hubungi dokter untuk mendapat pertolongan. Selain bahaya berkurangnya air ketuban, risiko lain yang dihadapi ibu dengan terjadinya ketuban pecah dini ini adalah terjadinya berbagai infeksi yang tentu saja akan langsung mempengaruhi janin.

Apa yang dimaksud dengan plasenta previa?

Plasenta previa adalah kelainan posisi plasenta, yang berada sangat dekat atau bahkan menutupi jalan lahir. Jika seorang ibu hamil mengalami plasenta previa, maka sesungguhnya keadaannya sangat serius, lantaran berisiko mengalami perdarahan. Hingga saat ini, penyebab utama plasenta previa belum diketahui.

Apa dampak keracunan makanan pada ibu hamil?

Pada ibu hamil, gejala keracunan makanan yang tampak relatif ringan, berupa demam dan rasa nyeri, seperti gejala flu dan seringkali disertai diare, rasa mual, kejang perut bagian bawah atau dehidrasi, memiliki dua kemungkinan. Pertama, gejala tersebut dapat sembuh dengan sendirinya. Kedua, calon ibu bisa menularkan hal ini pada janin. Efek keracunan makanan yang menular pada janin akan menyebabkan janin lahir mati atau lahir dalam keadaan tidak sehat. Cara mencegah terjadinya dampak fatal ini, sebaiknya ibu segera memeriksakan diri ke dokter begitu gejala, yang ringan sekali pun, muncul.

Adakah gerakan olah tubuh yang dapat mengurangi rasa sakit punggung selama hamil?

Rasa sakit pada punggung disebabkan karena tumpuan berat badan, seiring dengan membesarnya kehamilan, berpindah ke tulang belakang. Latihan-latihan peregangan yang dilakukan beberapa menit sehari, setiap pagi, akan menguatkan otot-otot di sekitar tulang dan meringankan rasa sakit.

Benarkah berbagai produk olahan susu yang dikonsumsi ibu hamil akan menyebabkan alergi makanan tertentu pada si kecil kelak?

Tidak benar! Makanan yang dikonsumsi ibu selama hamil tidak akan menyebabkan alergi makanan pada si kecil kelak. Sebaliknya, produk olahan susu adalah jenis asupan yang penting selama hamil, karena kaya unsur protein, kalsium, vitamin dan mineral, yang sangat dibutuhkan oleh janin.

Apakah normal jika tendangan janin terasa menyakitkan?

Seiring bertambah besarnya janin, semakin keras juga tendangannya. Rasa sakit berlebih akibat tendangan itu disebabkan karena tendangan janin mengenai wilayah sensitif pada tubuh calon ibu, misalnya kandung kemih.

Apa yang dapat dilakukan jika ibu hamil terserang flu? Apakah kondisi ini berbahaya bagi janin?

Sekalipun umumnya virus membahayakan janin, namun virus penyebab flu tidak akan membahayakan janin. Jangan menggunakan sembarang obat untuk menyembuhkan flu Anda ini. Langkah yang sebaiknya dilakukan adalah memastikan bahwa istirahat Anda cukup, dan mengkonsumsi makanan bergizi. Cara ini dikenal ampuh untuk meningkatkan stamina tubuh, dan memberikan kesempatan kekebalan tubuh alami menghadapi virus. Namun, jika flu berkelanjutan, ada baiknya Anda segera pergi ke dokter.

About these ads

3 Responses to "Pertanyaan seputar kehamilan"

teman saya pernah dioperasi,dia sudah satu tahun menikah tapi blum di anugerahi seorang anak.saya ingin tanya..apakah wanita yg pernah mengalami operasi kista kemungkinan kecil untuk mendapatkan anak? terimakasih..

kenapa pada awal kehamilan saya mengalami keputihan? adakah penyebab dari keputihan ini dan bagaimana cara mengatasinya? apakah keputihan ini akan mengganggu kehamilan yg sedang saya alami? terimakasih

amankah ibu hamil apabila kesetrum?soalnya saya pernah kesetrum beberapa kali yang lumayan membuat saya kaget.
trims…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Dapatkan Peluang Kamu Disini

Xpango uses a unique Credit system to reward our customers with Free Mobile Phones, Gaming Consoles, MP3 Players & HDTVs ! like this : Credit requirements for Gifts vary depending on the retail price of the Mobile Phone/Gaming Console/MP3 Player/HDTV. More expensive Gifts require more Credits than less expensive Gifts. The diagram below details how the system works: click here Register just Click
March 2008
M T W T F S S
    Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Blog Stats

  • 851,498 hits
web counter Get your own free Blogoversary button!

Indonesian Community

FUPEI



Photobucket
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: