Yuwielueninet’s Weblog

MENGHITUNG DAN MENENTUKAN MASA SUBUR

Posted on: March 24, 2008

MENGHITUNG DAN MENENTUKAN MASA SUBUR

Ingin segera menimang momongan? Lakukan hubungan intim saat masa subur. Berikut, berbagai cara menghitung masa subur.

Supaya hamil, harus ada sel telur yang siap dibuahi. Adanya sel telur ini menunjukkan masa subur seorang wanita. Tetapi, bagaimana kita bisa mengetahui masa subur tersebut agar tidak meleset, sehingga bisa terjadi konsepsi (pembuahan)?

“Masa subur bisa diketahui dengan menghitung dari periode menstruasi, perubahan lendir, dan perubahan suhu tubuh basal,” terang dr. Lastiko Bramantyo, Sp.OG, dari RSIA Hermina Jatinegara.

Sebenarnya tak terlalu sukar untuk melacaknya sendiri. Hanya saja memerlukan kecermatan. Yang juga tak kalah penting, mau bersabar agar diperoleh hasil yang lebih akurat. Minimal, pelacakan ini dilakukan beberapa kali dalam beberapa bulan.

SIKLUS HAID

Melacak masa subur bisa dilakukan melalui hitungan siklus haid/menstruasi. Masa subur akan amat mudah terlacak jika haid kita selalu teratur setiap bulannya. Siklus yang normal, terang Lastiko, berjalan antara 28-30 hari. Ada pula ahli yang berpendapat, antara 22-35 hari. “Dengan demikian, sel telur keluar pada pertengahan siklus, sekitar hari ke-14 sampai ke-16 dihitung dari hari pertama menstruasi,” terang Lastiko.

Jadi, 3 hari sebelum hari ke-14 dan 3 hari setelah hari ke-16 adalah masa yang memungkinkan bagi sel telur untuk dibuahi. Perhitungan ini berdasarkan kemungkinan sel sperma yang bisa bertahan hidup sampai 72 jam sebelum mencapai sel telur.

Siklus normal 28 hari, pertengahan siklusnya hari ke-14 (28: 2). Berarti masa suburnya, tiga hari sebelum hari ke-14, yaitu hari ke-11 (14-3) dan tiga hari setelah hari ke-14, yaitu hari ke-17 (14+3). Jadi, masa subur berlangsung antara hari ke-11 sampai hari ke-17 (7 hari) dari suatu siklus wanita yang normal.

Misalnya, kita datang bulan pada tanggal 1. Nah, masa subur adalah tanggal 11 (14-3) sampai 19 (16+3) pada bulan tersebut.

Pada mereka yang haidnya tidak teratur (siklus kurang dari 28 hari), maka masa subur diperhitungkan dari jadwal menstruasi yang akan datang. Umumnya sel telur akan keluar pada 14 atau 16 hari sebelum haid yang berikut. Misalnya, perkiraan menstruasi yang akan datang tanggal 18 Agustus. Diperkirakan sel telur akan keluar pada tanggal 2 dan 4 Agustus (18-14 hari mundur = 4 Agustus, dan 18-16 hari mundur = 2 Agustus). Berarti masa subur berlangsung antara 31 Juli (2 Agustus – 3 hari sebelum) sampai 7 Agustus (4 Agustus + 3 hari sesudah).

Jika siklus haid sama sekali tidak teratur, diperlukan data siklus minimal 6 bulan sampai setahun. Kemudian dihitung dengan memakai rumus Ogino Knouss. Dicari siklus yang paling pendek berapa hari dan siklus paling panjang berapa hari. Masa subur ditentukan berdasarkan siklus terpendek – 18, siklus terpanjang – 11.

Contoh, siklus terpanjang 40 hari, siklus terpendek 28 hari. Maka, 40-11 = 29 dan 28-18 = 10. Jadi, perkiraan masa suburnya hari ke-10 dihitung sejak menstruasi pertama sampai hari ke-29. Masa suburnya memang menjadi lebih panjang, tetapi tidak bisa diperkirakan kepastian yang paling mendekati. Ini disebabkan menstruasi yang kacau sehingga sulit diketahui, kapan persisnya perkiraan keluarnya sel telur.

Seorang wanita yang siklus menstruasinya kacau sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk mencari penyebab dan melakukan pengobatan. Dengan demikian, bisa diketahui masa suburnya.

GETAH LENDIR SERVIKS

Masa subur juga bisa diketahui lewat pemeriksaan getah lendir (mukus) mulut rahim (serviks). Ini pun dapat kita lakukan sendiri. Caranya, lendir dari mulut rahim diperiksa setiap hari.

Pada masa subur terjadi perubahan yang bersifat spinbarkeit. Lendir lentur, tidak terputus jika dipegang, dan lengket seperti agar-agar.

Kalau mau lebih pasti, lendir ini bisa diperiksa ahli pada objek gelas dibawah mikroskop. Lendir yang terjadi pada masa subur, akan terlihat berbentuk seperti daun pakis.

UKUR SUHU

Cara lain yang bisa ditempuh adalah mengukur suhu tubuh basal. Saat ovulasi, sel telur dilontarkan dari kantung yang matang. Selanjutnya, tempat asal sel telur tadi (korpus luteum) memproduksi hormon progesteron yang bertugas menyiapkan jaringan dalam rahim untuk menerima sel telur yang telah dibuahi. Terbentuknya progesteron ini mengakibatkan kenaikan suhu tubuh.

Lakukan pengukuran suhu badan pada pagi hari setelah bangun tidur dan sebelum melakukan aktivitas apa pun, seperti turun dari tempat tidur, ke kamar mandi, makan, atau minum. Kerjakan setiap hari pada jam yang sama selama tiga bulan. Gunakan termometer yang dimasukkan ke dalam mulut atau dubur (bukan yang dijepit di ketiak). Letakkan termometer di bawah lidah selama 5-6 menit. Tutup mulut selama pengukuran berlangsung. Catatlah perubahan suhu yang terjadi setiap hari. Jangan lupa untuk menghubungkan catatan hari ini dengan hari-hari berikutnya, sehingga membentuk kurva.

Pada saat ovulasi, akan terlihat, mula-mula grafik turun sedikit dari perhitungan hari sebelumnya. Kemudian akan naik dengan beda paling sedikit dua derajat celcius. Kalau sudah naik, kurva akan tetap di atas, tidak akan turun lagi.

Suhu normal tubuh biasanya 35,5 – 36 derajat Celcius. Pada waktu ovulasi suhu akan turun dulu dan naik bisa mencapai 37-38 derajat dan tidak akan kembali pada suhu 35 derajat. Pada waktu perubahan itulah terjadi masa subur. Kondisi kenaikan suhu tubuh ini akan terus terjadi sekitar 3-4 hari.

Kemudian akan turun kembali sekitar 2 derajat karena produksi progesteron menurun, sehingga suhu tubuh pun turun. Dan akhirnya kembali pada suhu tubuh normal, seperti sebelum menstruasi terjadi.

Bila pada grafik (hasil catatan suhu tubuh) tidak terjadi kenaikan suhu tubuh, bisa berarti tidak terjadi masa subur karena tidak adanya korpus leteum yang akan memproduksi progesteron. Ini juga berarti tidak akan terjadi kenaikan suhu tubuh.

Sebaliknya, jika kenaikan suhu tubuh terus berlangsung setelah masa subur, pertanda dimulainya kehamilan. Karena jika sel telur berhasil dibuahi, berarti korpus leteum akan terus memproduksi hormon progesteron. Dengan demikian, suhu tubuh pun tetap tinggi.

Syarat menentukan masa subur dengan pengukuran suhu tubuh adalah dalam 3 bulan, suhu tubuh tidak dalam keadaan demam, tidak tidur di dekat lampu yang sangat panas, atau dengan AC yang sangat dingin. “Kalau suhu badan kacau, susah mengukurnya dan pemeriksaan pun gagal,” kata Lastiko.

LEWAT USG

Sekarang ini, lewat pemeriksaan USG secara serial, bisa diketahui masa subur seorang wanita. Caranya dengan melihat kelenjar telur, perkembangan terjadinya sel telur sampai sel telur tersebut matang dan hendak keluar (ovulasi). Cara ini bisa dimanfaatkan oleh wanita yang mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur.

Dengan pemeriksaan USG secara serial 2-3 hari dapat diukur siklus haidnya, tanggalan haid, dan tanggalan timbul ovulasi. “Perkembangan ini akan terus dipantau. Dari mulai sel telur terbentuk hingga menghilang.” Nah, jika sudah diperoleh saat terjadinya ovulasi, segera dilakukan pencatatan pada hari ke berapa masa subur itu terjadi, dihitung dari hari pertama menstruasi.

Riesnawiati Soelaeman/Dedeh Kurniasih.

 

Faktor Pendukung Kehamilan

Setiap kelainan yang terjadi pada organ reproduksi wanita harus diwaspadai. Sebab, setiap kelainan akan berpengaruh pada terjadinya ovulasi.

* Infeksi

Infeksi atau peradangan (yang sudah lalu, kronis, dan sedang berlangsung) yang merusak indung telur dan tuba Fallopi berpengaruh pada kelangsungan pertemuan sel sperma dengan sel telur. Jika saluran tersumbat, sperma tidak bisa mencapai sel telur. Pertemuan yang normal terjadi pada bagian yang menggelembung (Ampula) dari tuba Fallopi.

* Sel Telur

Sel telur mempengaruhi kesuburan. Ovulasi terjadi kalau kelenjar telur berfungsi dengan baik. Jadi, jika ada kelainan akan menganggu sel telur tersebut, seperti adanya kista, endometriosis, atau tumor.

* Ketidakseimbangan Hormon

Ketidakseimbangan hormon dapat mencegah terjadinya pelepasan sel telur secara teratur atau berpengaruh pada produksi hormon (progesteron). Salah satunya, pengaruh hormon hipopysa (terletak di kelenjar bawah otak) yang mampu merangsang kematangan sel telur. Jika terdapat tumor di kelenjar hipopysa, stimulasi pertumbuhan telur tak terjadi dan berakibat produksi sel telur terganggu.

* Getah Serviks

Kehamilan pun sulit dicapai jika lendir atau getah serviks mengandung zat antibodi atau anti-imun, zat penolak sperma. Setiap kali sperma masuk, badan membuat zat antinya. Keadaan ini bisa dilihat dengan melakukan uji pasca sanggama. Getah lendir diambil usai terjadi sanggama. Lendir yang mengandung antibodi mengakibatkan banyak sperma mati dan tidak bergerak.

* Kerusakan Struktural

Rahim (uterus) yang menjadi tempat janin tumbuh harus dalam keadaan normal dan sehat. Kehamilan sulit dicapai apabila terdapat cacat uterus karena infeksi, permukaan yang abnormal, fibroid (tumor jinak), tumor ganas (kanker), dan sebagainya.

About these ads

37 Responses to "MENGHITUNG DAN MENENTUKAN MASA SUBUR"

Halo,
saya dewi. Saya sudah coba menghitung dgn rumus Ogino Knauss. Data haid saya dari april 2007-maret2008 sbb :
Siklus terpanjang 92 hari
Siklus terpendek 20 hari
*Jika saya kurangi 92 hari – 11 hari = 81 hari
*Jika saya kurangi 20 hari – 18 hari = 2 hari
Jadi apakah masa subur saya dihari ke2 sejak saya mendapatkan haid? mungkinkah saya subur ,krn hari ke2 berarti saya sedang haid.
Minta tolong pencerahannya ke dewindra_02@yahoo.com

Trims ya.

mhon pnjlasannya klo haid prtma kluar tgl 28/29 trus masa sburnya tgl brpa, haidnya g normal,and kok smpe tgl sekian kok blm haid, pdhal shrusnya tgl 28 kmrn udah haid.jjur 1 minggu sebelum perkiraan haid, saya melakukan making love.apakah tgl itu masa subur saya?
tlg di bls ke taklix@yahoo.co.id

Saya punya 2 anak, laki laki semua.Yang bungsu usianya sudah 6 tahun.Sekarang saya pingin anak lagi tapi perumpuan.Apa resep resepnya ya??? Tolong yang bisa bantu saya.Thanks very much.

[...] progesteron ini mengakibatkan kenaikan suhu tubuh. Untuk lebih jelas mungkin bisa ngeliat link Menghitung dan Menentukan Masa Subur ini. 4. Cek ke dokter dong buuuu…. Disini, lu bisa curhat deh ama dokternya. Biasanya dokter [...]

saya sudah 1 tahun berkeluarga, tapi belum dikarunia anak juga. saya kesulitan menghitung masa subur.
siklus terpanjang 54 hari
siklus terpendek 35 hari.
data haid saya dari :
13/01
21/02
14/04
18/05
23/06
dari data di atas kemungkinan masa subur saya bulan berikutnya tgl berapa?kira berapa % kemungkinan.seorang perempuan hamil di luar masa subur?apakah dengan tidak kunjung hamilnya seseorang dapat juga di pengaruhi dari faktor suami?apa yg di maksud dengan oligozoospermia dan normozoospermia?

saya menstruasi pertama tgl 22 juni, pada tanggal 29 juni dan 30 juni saya making love, apakah ada kemungkinan saya bisa hamil?
lalu dengan tgl tersebut kapan masa subur saya?

Halo..saya Itha,
saya kesulitan menghitung masa subur saya. Data haid saya:
1. 06/01
2. 04/02
3. 29/02
4. 27/03
5. 23/04
6. 19/05
7. 21/06
Dari data tsb kemungkinan masa subur saya bulan berikutnya tgl brp? Tlg reply ke e-mail saya di: itha_mtj@yahoo.co.id
Terima kasih..

saya sudah menikah hampir 1 tahun tetapi sampai sekarang belum juga mendapat momongan. kira-kira faktor fisik yang terlalu lelah juga bisa mempengaruhi untuk mendapatkan momongan. berikut ini data terakhir menstruasi saya, mohon bantuannya untuk dapat mengetahui masa subur saya.
1. 15/08
2. 14/ 07
3. 16/06
4. 16/05
minta tolong di forward ke e-mail saya terindahbuatku@plasa.com
Trims
Trims

aku seorang ibu yang memiliki 1 orang anak berumur 4 tahun ( laki-laki )
dan berkeinginan untuk memiliki keturunan setelah selama 3,5 tahun menggunakan KB Pil , tapi sekarang koq malah sulit sekali untuk mendapatkan keturunan , dan ingin sekali mendapatkan anak perempuan , bagaimana cara nya

mbak siklus haid saya selalu teratur, yaitu 28 hari dan ini adalah data haid saya, JULI yaitu pada tanggal 20 Juli sampe 23 juli, kemudian AGUSTUS 17 Agustus sampai dengan 21 Agustus, September dari tanggal 13 sampai tanggal 17 sptember, memang pada tanggal 6 oktober saya melakukan hub seks tapi itupun tidak benar2, karena hanya dimasukkan dari dikit dan tidak dinikmati dalam keaddan terpaksa, mbak saya sering melakukan seks solois karena saya suka sendiri pake jari yang terkadang kotor, mbak apakah saya ada kemungkinan hamil , dan emang dari tanggal 28 september sampai tanggal 4 oktober sya mencret terus, dan sekarang ada benjolan kecil di atas vagina disekitar kemaluan di bag luar, benjolan itu ada sejak tanggal 27 sptember, menurut mbak gimana, ada kemungkinan ngak saya hamir berat badan saya turun 2 kg .tolong ya mbak jawab ke email saya, secepatnta saya bingung.

mbak ni rere sampai tanggal 17 oktober saya belum datang bulan

saya sudah menikah selama 1 tahun. rencana ingim punya momongan masih 2 tahun. siklus haid saya :
2 agustus
8 september
21 oktober
cara mengetahui masa subur nya bagaimana? mohon penjelasan nya karena saya kurang paham cara menghitung nya. terima kasih atas bantuannya

menstruasi terakhir saya tanggal 1 oktober ,sampai sekarang menstruasi saya belum datang,apakah ini pertanda hamil..? mohon dijawab ya mbak terima kasih

mbak saya mau tau kapan masa subur saya… data haid saya sbb…
03 sep-06 sep
01 okt-03 okt
27 okt-29 okt
Tlg dbalas ke email saya ya… thx b4

mbak mau minta tolong nih…
saya sdh 4 bulan ini haidnya tdk teratur, jd skrg saya suka bingung menentukan masa subur saya. Saya mau tahu masa subur saya yg skrg..jadwal haid saya terakhir :
3 Nov-8 Nov
saya selalu menggunakan KB kalender, Sekarang putri saya usianya 2 th, saya blm berniat untuk hamil lagi jd tolong bls ya mbak…ke email saya tentunya,thanks banget

mbak mau nanya neh, dulunya saya menggunakan alat kontrasepsi suntik untuk yang 1 bulan (cyclofen) selama 5 thn awalnya haid teratur setiap tgl 27 atau 28 tiap bulannya. dua bulan terakhir saya ga datang bulan mbak. dah test urine hasilnya -. sekarang saya berhenti menggunakan alat kontra sepsi, kira2 peluang untuk hamil gimana, padahal untuk saat ini saya belum berniat untuk hamil lagi…tlg balas ya ke email aku…makasih

mbak aku mo tanya nih..
aku sekarang lagi haid tgl.20 biasanya selama 7-8hr, aku lg mau hamil anak perempuan, waktu untuk ML sm suami 2-3 hari sblm masa suburnya itu tgl berapa ya? dari bln kemarin aku coba msh meleset terus. masih bingung tgl tepat utk ML nya. mohon bantuannya ya? krna kan yg aku baca kl mo punya anak cew harus ML nya 2-3 hari sblm masa subur. tolong balas ke email ku ya? terima kasih.

mbak saya mauw tauw masa subur saya
jadwal saya
23 november-29 november
tolong dbalaz yah

Mba, saya sdh nikah 1thn tp blm dkarunia anak. Tapi saya pernah hamil hanya 4 mg 4 hr trs pndarahan dan akhirnya keguguran. Skrg saya mau thu kpn msa subur saya krn siklus haid saya tidak teratur..tgl 5 Juli-10 Juli..tgl 10 Agst-16 Agst…tgl 29 Sep-6 Okt…tgl 1 Nov saya test trnyta positive tpi tgl 10 Nov-15 Nov saya pendarahan stlh ber hubungan badan dan di USG sdh kguguran kmudian tgl 22 saya sempat mngeluarkan darah lg pd saat buang air kecil. Saya mohon bntuinnya spy bs hamil kmbl. Tlng di replay ke email sya. Trims.

Mba, saya sudah menikah 1 thn lebih dan belum dikaruniai momongan. Dikatakan bahwa coba berhub pada masa subur.
Siklus haid saya setelah menikah, tiba2 menjadi lebih cepat.Semasa gadis, siklus saya 27-29hari.Setelah menikah, pernah 20,21. 6 bln terakhir ini, berkisar atr 23-25 hari.
Apakah kondisi ini masih normal?
Berikut siklus haid saya
24/05/08
27/05/08
19/06/08
13/07/08
04/08/08
27/08/08
19/09/08
12/10/08
07/11/08
29/11/08

Tolong dihitung masa subur saya ya Mba..
Ditunggu di e-mail saya.Trims

Bapak/ Ibu

Saya dewi sudah hampir 2 tahun saya nikah tapi kok belom ada tanda-tanda hamil juga ya, boleh di bantu bgm cara menghitung masa subur

Sudah 3 bulan ini saya memperhatikan haid saya selalu di tanggal 15 atau bisa di katakan pas tanggal segitu ya paling telatnya tanggal 18
boleh tau bagaimana untuk mengetahui masa subur

treimakasih dan saya tunggu info lebih lanjutnya

mo nanya nich,masa subur itu ,suhu tubuh naik or turun ya..

oia mbak aq jg bingung nich ngitung masa subur aq,krn tiap bln maju terus, ini mbak datanya.31okt-7nov,28nov-2des,27des-2jan,24 jan-….thanks ya mbak

Mba,tolong ya bantu saya kasih penjelasan,bagaimana saya supaya bisa punya momongan,dulu saya pernah hamil tapi keguguran setelah itu saya istirahat dulu dengan memakai alat kontrasepsi suntik, dan pil juga, tapi sekarang saya sudah tidak pake alat kontrasepsi lagi ,beberapa bulan yang lalu saya periksa ternyata saya ada pelengketan di saluran rahim lantas saya melakukan laparascopi,dan juga ada kista tapi kistanya dokter bilang kecil jadi tidak perlu dibuang.Setelah laparascopi dokter bilang sekarang saya sudah bisa hamil, tapi ternyata sekarang sudah 4 bulan setelah laparascopi masih juga belum hamil.
Siklus men saya memang tidak teratur :

02/10/2008
18/11/2008
26/12/2008
18/01/2009

Tolong ya mba, bagaimana caranya supaya saya bisa cepat hamil
untuk penjelasan kirim saja ke e-mail saya : xxxxusi2@yahoo.com , terima kasih

mba salam kenal saya mau tahu masa subur saya :
2/02/2009
makasih mba

mbak minta tlg dikirim ke e-mail saya ya….. jawaban atas pertanyaan saya tadi

trims

Saya dah kawin 3 bulan tp blm punya rezeki, kali nya masa subur susah utk diramal, bantunya saya untuk kiraan masa subur saya, terima kasih banyak…mudah mudahan berjaya.

24/11/2008
02/01/2009

malem mbk….
q mau mnta tlng ya

q dah nikah 6 bln ne dan pngen pny anak. tp haid q gak teratur makanya kesulitan menentukan masa subur. masa haid terpanjang 28 hari dan masa haid terpendek 25 hari. gmna cara menentukan masa subur q?
tlng d krm ke email q.
iin_elang@yahoo.co.id

THANKS YA MBK……..

Hi,

Saya sdh menikah 2 thn tapi masi belum mendapat kan momongan. Masa haid saya tidak teratur dan saya kesulitan menentukan masa subur saya.

Data haid saya sebagai berikut:
1. 29/10
2. 25/11
3. 29/12
4. 23/01
5. 18/02
6. 18/03
7. 15/04

Dari data diatas kemungkinan masa subur saya bulan berikutnya tgl brp? Tlg reply ke e-mail saya di: olixxxxx@yahoo.com
Terima kasih atas bantuan mbak..

Mel

siang mbak…..

saya bingung ni mbak,. saya dah menikah hampir 1th bsk bln mei tapi belum juga dikaruniai seorang baby. gmn ya mbak cara menentukan masa suburku, soalnya mens ku tidak teratur.

Berikut siklus haid saya:

28/02/2009
26/ 03/2009
20/03/2009

Tolong dihitung masa subur saya ya Mba..
Ditunggu di e-mail saya.Trims

malam mbak! aku juga mau tanya nih, aku kesulitan menghitung masa suburku. aku haid 17 maret, kmd 14 april. kira-kira masa suburku tagl berapa ya mbak? mohon bantuannya mbak.
tlg balas ke mail ku ya. tks

saya ingin tanya, jika hari pertama datang bulan saya pada 31 Mac dan hari terakhir ialah 7 april.. bilakah waktu subur saya?

saya ingin tanya,pd tanggal 8 mei kemarin saya baru saja beres haid.trus malamnya saya making love.gimana ya?apakah saya akn terjadi kehamilan?tapi pasangan sayatidak merasa mengeluarkan sperma d dalam .tapi yang saya takutkan.sebelum mencapai puncak seorang lelaki tetap mengeluarkan cairan bening.apakah itu termasuk sperma juga?saya tunggu jawabannya………

apakah cairan bening pada laki-laki sebelum dia ereksi bisa d sebut sperma?apakah bisa menyebabkan kehamilan?

aqu mw tnya nie,aq menstruasi tgl 11 april/11 mei truz masa suburnya tgl brp.?
thanx

Bapak /Ibu

Saya sudah sepuluh tahun berkeluarga tapi belum juga punya keturunan saya dan istri sudah periksa kedokter keduanya ,saya sepermanya bagus istri sudah periksa labor dan hasilnya sudah di perlihatkan sama dokter dan dokter hanya memberi obat penyubur.
taapi istri saya jarang sekali datang bulan kalaupun datang hanya sikit tolong bagaimana caranya bantu jalan keluarnya,tolong kirim ke Email saya suwito_197217@yahoo.com
ssebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih
Hormat Saya

SUWITO

siklus haid saya 38 hari,saya mulai haid hari ini tgl 26 juni,kapan masa subur saya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Dapatkan Peluang Kamu Disini

Xpango uses a unique Credit system to reward our customers with Free Mobile Phones, Gaming Consoles, MP3 Players & HDTVs ! like this : Credit requirements for Gifts vary depending on the retail price of the Mobile Phone/Gaming Console/MP3 Player/HDTV. More expensive Gifts require more Credits than less expensive Gifts. The diagram below details how the system works: click here Register just Click
March 2008
M T W T F S S
    Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Blog Stats

  • 830,609 hits
web counter Get your own free Blogoversary button!

Indonesian Community

FUPEI



Photobucket
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: