Yuwielueninet’s Weblog

SELUK-BELUK DISFUNGSI SEKSUAL

Posted on: March 24, 2008

SELUK-BELUK DISFUNGSI SEKSUAL

Amat penting mengetahui penyebabnya. Soalnya, upaya penyembuhannya mesti berangkat dari pengenalan berbagai kemungkinan penyebabnya. Ikuti pula kuis untuk mengetahui ada-tidaknya disfungsi seksual.

Istilah impotensi seolah tak asing lagi di telinga banyak orang. Secara medis, jelas dr. Nugroho Setiawan, Sp.And., impotensi didefinisikan sebagai ketidakmampuan mencapai dan atau mempertahankan ereksi yang cukup guna melakukan sanggama yang memuaskan.

Yang jelas, lanjut androlog dari RS Internasional Bintaro, gangguan ketidakmampuan seksual ini baru bisa dikategorikan impotensi bila bersifat menetap atau berulang dengan tenggang waktu minimal 3 bulan. Dengan kata lain, “Kalau kejadian tidak mampu ereksinya baru sekali, ya, belum bisa dibilang impoten. Misalnya gara-gara capek, suami jadi tak bisa melaksanakan tugasnya dengan baik,” ujar androlog yang khusus menangani masalah disfungsi seksual.

Sekitar 3-4 tahun lalu, dunia kedokteran mengistilahkan impotensi dengan disfungsi seksual. Artinya, fungsi seksualnya mengalami gangguan, hingga fungsinya kurang bagus. Istilah ini dianggap lebih “halus” dan tak terlalu menyedihkan dibanding impotensi. Soalnya, ereksi pada pria masih diyakini sebagai lambang kejantanan pria sejati. Nah, kalau terjadi gangguan ereksi atau ada sesuatu yang tak beres dalam hal ini, pria yang bersangkutan merasa dunianya runtuh karena ia tak lagi memiliki kebanggaan sebagai pria sejati.

4 FAKTOR IMPOTENSI

Dalam dunia kedokteran, jelas Nugroho, ada empat faktor impotensi, yakni:

Impotensi Libido

Yang bersangkutan tak memiliki nafsu/rangsangan seksual. Penyebabnya bisa karena masalah kejiwaan, juga organik. Yang termasuk masalah kejiwaan biasanya karena mengalami stres atau lantaran ada persoalan dengan istri,semisal istri galak. Sedangkan yang dimaksud kelainan organik adalah kelainan/masalah pembuluh darah dan saraf, atau kelainan hormonal, terutama berkurangnya hormon testosteron yang membuat libido tertekan.

Impotensi Ereksi

Pengertian inilah yang sebetulnya ditangkap awam pada umumnya mengenai impotensi.

Impotensi Ejakulasi

Termasuk ejakulasi dini dan ejakulasi terhambat.

Impotensi Kepuasan

Ditujukan pada orang yang tak punya kepuasan alias tak pernah puas saat melakukan hubungan seks.
Dedeh Kurniasih.

 

Aneka Penyebab Disfungsi Seksual

Menurut Nugroho, hal-hal berikut bisa mengakibatkan disfungsi seksual pada pria.

Merokok

Meski tidak semua perokok mengalaminya, tapi sebagian besar perokok akan mengalami disfungsi seksual. Diduga kuat kandungan zat nikotin dalam rokok itulah yang akan menyebabkan pembuluh darah menyempit. Adanya penyempitan pembuluh darah membuat suplai darah ke seluruh organ jadi berkurang atau tidak optimal. Otomatis, fungsi organ tersebut jadi berkurang pula.

Begitu juga alat kelamin pria yang berisi anyaman-anyaman pembuluh darah. Saat ereksi, pembuluh-pembuluh darah tersebut akan melebar dan terisi banyak darah. Akan tetapi karena darahnya mengandung nikotin, maka pelebaran pembuluh darah pun jadi terhambat. Akibatnya, penis tak bisa ereksi atau mengalami gangguan fungsi seksual.

Kecanduan Alkohol

Dalam dosis kecil mungkin awalnya tak mengganggu. Namun bila sudah kecanduan, akan menimbulkan gangguan metabolisme yang pasti akan mengganggu keseimbangan maupun fungsi hormonal.

Kecanduan Narkotika

Sama halnya dengan kecanduan alkohol, kecanduan narkotika juga dapat mengganggu fungsi hati. Padahal, racun yang terbawa darah akan dilumpuhkan di hati. Nah, bila fungsi hati terganggu, maka akan muncul gangguan metabolisme maupun fungsi hormonal.

Konsumsi Obat-obatan

Penggunaan obat-obatan jenis antidepresan untuk mengatasi kecemasan, apalagi secara terus-menerus, dapat memunculkan disfungsi seksual. Pasalnya, obat-obatan ini akan menekan fungsi libido, hingga tidak ada rangsangan.

Begitu pula beberapa jenis obat hipertensi seperti golongan betabloker ataupun golongan diuretik yang “memaksa” tubuh mengeluarkan banyak air seni.

Hipertensi

Karena aliran darahnya kencang, otomatis dinding pembuluh darah di seluruh tubuh, termasuk pembuluh darah di alat kelamin, membuat pertahanan dengan menjadi keras dan kaku. Begitu juga penyakit yang ada kaitannya dengan pembuluh darah, seperti jantung dan stroke.

Diabetes Melitus

Penyakit metabolik inilah yang paling sering menyebabkan disfungsi seksual. Penyakit ini menyebabkan kerusakan pada semua pembuluh darah bahkan persarafan, dari ujung rambut sampai ujung kaki.

Padahal, jika pembuluh darah rusak, fungsi organ tubuh pasti terganggu. Demikian juga fungsi hormon-hormonnya karena satu sama lain saling terkait. Apalagi bila penderita terkena pada kurun usia antara 15-20 tahun ditambah kondisi gula darah yang tak terkontrol. “Soalnya, bila terkontrol secara baik, yang bersangkutan bisa hidup normal, kok.”

Penyakit Hati

Penyakit ini akan mengganggu metabolisme hormon karena adanya protein yang terbalik. Kadar globulin yang lebih tinggi dari albumin, contohnya. Globulin inilah yang kemudian berperan dalam pengikatan hormon-hormon seksual. Nah, yang terikat globulin itulah yang tidak bisa berfungsi karena tidak lagi memiliki efektivitas sebagai hormonseks.Sementara hormon-hormon seksual itu sendiri pada dasarnya ada yang bersifat bebas dan ada pula yang terikat.

Penyakit Saraf

Gangguan saraf pada tulang belakang akibat luka, trauma atau bekas operasi dapat mengganggu fungsi seksual. Bukankah untuk ereksi diperlukan pula kerja persarafan. Sedangkan saraf itu sendiri terletak dari pusat saraf di otak sampai tulang belakang. Kalau ada gangguan dalam persarafan maka akan terjadi gangguan ereksi juga.

Gangguan Fungsi Ginjal

Ini pun dapat mengganggu fungsi seksual karena dapat mengganggu metabolisme dan fungsi hormonal secara keseluruhan.

Dislipidemia

Hormon-hormon seks dibentuk dari kolesterol. Nah, kalau kolesterolnya sangat rendah, semisal pada orang yang makan obat diet atau menjalani program pelangsingan tubuh, maka kolesterolnya tertekan berat hingga fungsi seksualnya pun terganggu.

Dedeh

Solusi Tepat

Bila suami mengalami disfungsi seksual, saran Nugroho, jangan asal berobat. Konsultasikan masalah ini pada ahlinya, yakni androlog atau ahli bedah urologi. Merekalah yang diharapkan dapat membantu mencari penyebab gangguan ini, sekaligus mengobati berdasar penyebabnya. Selain itu, saat berobat hendaknya selalu bersama pasangan agar dapatmengerti/memahami kondisi suaminya sekaligus memberi dukungan semangat yang amat membantu proses penyembuhannya. Menurut Nugroho, ada tiga tahap pengobatan disfungsi seksual.

1. Psikoterapi atau dengan pemberian obat oral. Sedangkan bila dianggap masalah kejiwaan yang jadi penyebabnya, maka masalah kejiwaan inilah yang harus ditangani secara baik. Semisal, istri sering mengomel hingga saat melakukan sanggama suami dilanda cemas. “‘Aduh, aku bisa enggak, ya?” atau “Gimana, ya, kalau aku ejakulasi dini?”

2. Jika tahap awal tersebut gagal, akan dilanjutkan ke lini kedua dengan menggunakan vakum khusus yang memberi tekanan pada penis. Cara lain yang juga masih banyak dipakai adalah suntikan pada penis agar pembuluh darahnya melebar. Di samping cara intra uretra yang sudah ditinggalkan karena penggunaannya sulit sementara frekuensi kegagalannya tinggi.

 

3. Lini ketiga atau tahap terakhir adalah melakukan operasi dengan memasangkan protesa pada penis.

Mengenai kesembuhannya, tegas Nugroho, lagi-lagi juga sangat tergantung pada penyebabnya. Kalau masalah kejiwaan, contohnya, akan cepat sembuh dengan psikoterapi. Sebaliknya, kalau disebabkan penyakit diabetes dan kerusakan yang ditimbulkannya menetap akan lebih susah lagi pengobatannya karena harus bersifat holistik atau menyeluruh.

Dedeh

Kuis: Anda Impoten?

Mengetahui apakah pria mengalami disfungsi seksual atau tidak, jelas Nugroho, sebetulnya cukup mudah. Jawab 5 pertanyaan yang sudah dibakukan hasil formulasi Persatuan Ahli Masalah Seksual ini. Jawablah selama 6 bulan berturut-turut mengingat keluhan yang satu ini baru bisa dinamakan disfungsi seksual bila bersifat menetap setidaknya selama 3 bulan.

Kian tinggi perolehan skornya, berarti semakin baik. Kalau skornya rendah sekali atau kurang dari 10 maka termasuk disfungsi seksual yang berat. Jika skor antara 10-15, termasuk disfungsi seksual sedang. Sedangkan jika skor di atas 20, berarti tak ada masalah disfungsi seksual.

1.Bagaimana derajat keyakinan diri bahwa Anda dapat ereksi serta terus bertahan untuk melakukan sanggama?

( ) 1. Sangat rendah

( ) 2. Rendah

( ) 3. Cukup

( ) 4. Tinggi

( ) 5. Sangat tinggi

2.Saat Anda ereksi setelah mengalami perangsangan seksual, seberapa sering penis Anda cukup keras untuk dapat masuk ke dalam vagina istri Anda?

( ) 0. Tidak melakukan sanggama

( ) 1. Tidak pernah atau hampir tidak pernah

( ) 2. Sesekali (kurang dari 50 persen)

( ) 3. Kadang-kadang (sekitar 50 persen)

( ) 4. Sering (lebih dari 50 persen)

( ) 5. Selalu atau hampir selalu

 

3.Setelah penis masuk ke dalam vagina istri Anda, seberapa sering Anda mampu mempertahankan penis tetap keras?

( ) 0. Tidak melakukan sanggama

( ) 1. Tidak pernah atau hampir tidak pernah

( ) 2. Sesekali (kurang dari 50 persen)

( ) 3. Kadang-kadang (sekitar 50 persen)

( ) 4. Sering (lebih dari 50 persen)

( ) 5. Selalu atau hampir selalu

4.Ketika melakukan sanggama, seberapa sulitkah mempertahankan ereksi sampai ejakulasi?

( ) 0. Tidak melakukan sanggama

( ) 1. Sangat sulit sekali

( ) 2. Sangat sulit

( ) 3. Sulit

( ) 4. Sedikit sulit

( ) 5. Tidak sulit

5.Ketika Anda melakukan sanggama, seberapa sering Anda merasa puas?

( ) 0. Tidak melakukan sanggama

( ) 1. Tidak pernah atau hampir tidak pernah

( ) 2. Sesekali (kurang dari 50 persen)

( ) 3. Kadang-kadang (sekitar 50 persen)

( ) 4. Sering (lebih dari 50 persen)

( ) 5. Selalu atau hampir selalu

1 Response to "SELUK-BELUK DISFUNGSI SEKSUAL"

tlg donq…temenku sama sekali nggak bisa sekalipun dia terangsang & disebelahnya ada ce cantik…dimana & cara pengobatannya apa ? tks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Dapatkan Peluang Kamu Disini

Xpango uses a unique Credit system to reward our customers with Free Mobile Phones, Gaming Consoles, MP3 Players & HDTVs ! like this : Credit requirements for Gifts vary depending on the retail price of the Mobile Phone/Gaming Console/MP3 Player/HDTV. More expensive Gifts require more Credits than less expensive Gifts. The diagram below details how the system works: click here Register just Click
March 2008
M T W T F S S
    Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Blog Stats

  • 1,058,181 hits
web counter Get your own free Blogoversary button!

Indonesian Community

FUPEI



Photobucket
%d bloggers like this: